Fungsi Financial Seperti Excel pada PHP

Bismillahirohmanirohim…

Baru-baru ini saya mendapat pekerjaan dari kantor saya mengenai penghitungan finansial. Contoh yang saya terima masih berupa file excel dimana di dalamnya terdapat banyak rumus yang tidak saya pahami 😦

Alamakkk… dalam hati saya. Saya cari-cari fungsi-fungsi yang berkaitan seperti Future Value (FV) dan PMT di paman google, ternyata malah membuat saya bingung. Khususnya fungsi PMT, fuihhhh susah banget nyarinya. Mulailah saya fokuskan pencarian saya ke fungsi excel itu sendiri dalam bentuk function PHP.

Alhamdulillah akhirnya saya temukan juga fungsi tersebut dalam bentuk class yang dibuat oleh Mr. Enrique García dengan lisensi GNU Version 2.

Pada class yang beliau buat, sudah didesain menyerupai fungsi pada excel. Sehingga mempermudah saya dalam mengaplikasikan fungsi contoh yang saya terima pada saat itu. Dan tadaaaaa…. Hasil akhirnya sama dengan yang di file excel tersebut. Tinggal masalah pembulatan saja yang saya akali dengan cara saya sendiri. Hehehehehehehe.

Untuk mendapatkan class function financial tersebut bisa agan kunjungi situs berikut

http://www.phpclasses.org/package/892-PHP-Financial-functions-with-the-Excel-function-names-.html

Semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda sekalian. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Selamat mencoba ^_^

Wassalamu’alaikum

2 responses to this post.

  1. Posted by wanthook on 12 Juli 2011 at 8:34 am

    Di tunggu komengnya. BTW ane pertamaxxx.

    Balas

Tinggalkan komentar