Perjalanan Memilih Editor Programing (Bag. 2 Final)

keyboard-1

Bismillah…

 

Yap, kembali lagi saya menulis tentang perjalanan ane menggunakan editor programing. Terakhir ane membahas editor Notepad++ yang menurut ane sangat powerfull dalam hal kecepatan. Tapi ada satu kekurangan, yaitu autotext yang sangat ane butuhkan tapi tidak ada pada Notepad++. Sebenarnya ada sih mengenai autotext pada Notepad++, tapi butuh plugin tambahan yang agak kerepotan untuk ane mengkonfigurasinya.

Akhirnya pilihan ane jatuh kepada NetBeans. Editor yang sebelumnya ane bilang terkenal rakus memori, tapi akhirnya dengan pengembangan beberapa tahun, menurut ane NetBeans merupakan editor handal yang tidak begitu rakus memori lagi dan sangat user friendly buat ane.

Di samping itu, NetBeans sudah sangat universal sebagai editor. Tidak hanya bisa sebagai editor Java saja, tapi sudah merambah bahasa programing lain seperti PHPC++, dan lain-lain. Bahkan ada beberapa framework php yang bisa digunakan di NetBeans ini. Wow, kebetulan sekali ane sedang berurusan dengan php. Walau tidak seperti Dreamweaver yang bisa menyajikan tampilan realtime saat kita menuliskan baris program, tapi itulah yang ane suka. Biar jadi misteri sampai ane buka sendiri programnya di browser (efek laten dari menulis program di JCreator hahahahahaha).

Sampai saat ini, ane masih menggunakan NetBeans sebagai aplikasi utama untuk menuliskan baris koding. Dan kebetulan, tidak hanya php yang ane gunakan saat ini sebagai bahasa pemrograman, juga ane menggunakan java sebagai bahasa pemrograman. Jadi ada dua bahasa yang ane gunakan untuk menunjang pembuatan aplikasi yang ane gunakan.

Last, apapun editor yang anda gunakan untuk menuliskan bahasa pemrograman, pastikan editor tersebut mampu menjawab kebutuhan anda dan pastinya bisa digunakan untuk semua bahasa pemrograman. Fleksibilitas dan mobilitas yang baik dari suatu editor, mempengaruhi efisiensi kita dalam waktu pengkodingan aplikasi yang kita buat.

 

Tinggalkan Balasan

